Selasa, 26 September 2017

H A M I L

Setiap pasangan yang menikah, rata-rata mempunyai keinginan yang sama yakni di beri keturunan oleh Allah SWT. akan tetapi semua merupakan anugrah yang Allah SWT. berikan, kita sebagai Hamba-Nya hanya dapat berserah dan tawakkal.

Selepas menikah, kami termasuk dalam golongan pasangan yang tidak langsung dititipi keturunan oleh Allah SWT. perlu waktu 8 bulan hingga akhirnya ada sesosok makhluk kecil dirahim saya. Dalam waktu 8 bulan, saya banyak belajar dan berdoa kepada Allah SWT. Hingga mencoba merasakan, meresapi dan belajar (lagi) tentang perasaan.
Hingga kami paham (jangan bertanya, jangan bertanya dan jangan bertanya) pertanyaan-pertanyaan yang kiranya dapat menyakiti orang lain dalam sebuah proses. Karna kami paham, bahwa berproses itu tidak mudah, berproses itu tawakal, berusaha dan kembali lagi pada keputusan mutlak dari Allah SWT.

Sampai pada tanggal 22 Oktober 2017. menghadisi pernikahan asa, salah satu anggota "bida's" ngunduh mantu di Semarang. Ada perasaan lain, hari yang harusnya besok dapet, tapi kok belum ada tanda-tanda mau dapet? Habis itu mulai lebaaaay, kondangan pake flat shoes dan ngga mau lewat tangga. Haha.
Besok pagi subuhnya kok belum dapet juga, okee kita coba test pack dengan catatan pesan dari mas suamik "ngga boleh sedih lho kalau strip satu, haha, soalnya aku suka sedih gitu, tapi yang ini oke baiklah".
Alhamdulillah wa syukurilah strip 2 (walaupun ini masih samar banget), haruuuuu, mbrebes mili, aaaaaa gitu deh pokoknya, bersyukur. Eh tapi masih ragu-ragu donk, terus beli testpack lagi 3 biji donk. Alhamdulillah semua strip 2.
Apa yang kita lakukan habis itu? Langsung sepagi itu langsung cus ke dokter kandungan dr. Hary Tjahyanto, Sp. Og. K.Fer. (dulu mbak pas hamil sama dokter hary, trus aku ikut aja, hehe)
Terus apakah hasilnya?
Kami pikir uda ada dok bentuk bayi kayak difilm-film, tetapi heeey sodarah, haha, ngga secepet itu ya ternyata, hehe. Karna masih gasik banget periksa, jadi baru ada penebalan dinding rahim, 4 minggu lagi kami diminta untuk kontrol lagi.

4 minggu kemudian ..
kami ke dokter lagi dan kata dokter sudah ada bakal janin kecillllll banget kyk kecebong gitu ya kalau liat dari hasil foto USG nya, habis itu lebaaaaaay part 2 lagi donk, jadi hati2 banget kalu jalan, haha, naik motor super pelaaaaan, agak kaget rasanya, haha lucu juga sebenernya pas bayangin.

Masa hamil bulan pertama hingga bulan ketiga ..
Masih biasa-biasa aja, masih bisa nyetir mobil juga hehe, 3 bulan minum obat urogestan (penguat kandungan) efek obat ini bikin nguantuk dan lemes banget, minum obat jam 10 siang jam 4 sore uda rasa lemes gitu pengennya bobok.

Masa hamil bulan ke empat ..
Mulai mual, habis sikat gigi suka mual gitu, tapi buat makan yaaa masih bisa, cuma memang beda sih, ngga semudah biasanya kalau makan, suka yang asem-asem seger gitu hehe
Bulan ini mudik ke Bumiayu naik kereta api (perjalanan kurang lebih 4.5 jam) pas berangkat oke, pas pulang .. Badan demam, panas hingga 39 derajat celcius, ngga kita periksain karna kebetulan hari minggu, jadi habis sampai semarang minum sanmol (obat turun panas) dan banyak minum air putih Alhamdulillah sembuh.

Masa hamil bulan ke lima ..
Nafsu makan mulai berkurang, mulai sering mimisan, solat subuh mimisan, solat magrib mimisan, pulang kerja mimisan (Ferbruari dan Maret 2017) hampir setiap hari mimisan, periksa ke dokter kandungan dan periksa ke dokter spesialis THT jawabannya sama, efek hamil. Bulan Maret ini juga ditemukan adanya plasenta previa. Setelah ditemukan plasenta previa ini, aku tidak lagi berani nyetir sendiri, berharap agar aman dan plasenta dapat naik, Aamiin ya Allah.

Masa hamil bulan ke enam dan ke tujuh ..
Mimisan sudah mulai berlalu, lalu datanglah kaki kram, punggung sakit (dari awal hamil sebenarnya yang aku keluhkan adalah punggung yang sakit, entah kenapa, apalagi kalau habis tidur dari tempat yang keras). Hampi setiap malam kaki kram, kadang satu kaki, kadang dua-duanya, pernah juga kram sampai betis.
Dibulan ini pula, April 2017 ada kesedihan mendalam (Blog Adik)

Masa hamil bulan ke delapan ..
Semua sudah baik, palsenta sudah naik tidak lagi menutup jalan lahir, posisi janin sudah dibawah masuk panggul, akan tetapi air ketuban sedikit namun masih cukup. Kram kaki masih sering dan sakit punggung.

Memasuki puasa Ramadhan, tetap puasa selama dua minggu, ketika kontrol ke dokter ternyata air ketuban sudah  ulai habis dan tali puas adek mulai ngrumpul jadi satu karna air ketuban sudah sedikit sekali. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak melanjutkan puasa dan mulai cuti bekerja 12 juni 2017. Kemudian kami kontrol lagi ke dokter tanggal 16 juni 2017 dan dokter mewajibkan agar adek harus segera lahir karna air ketuban sudah sangat sedikit. Setelah melakukan konsultasi dan pertimbangan akhirnya anak kami dilahirkan melalui operasi SC.

Proses operasi SC berlangsung singkat, kami pergi ke Rumah Sakit pagi jam 9, melakukan registrasi BPJS, mendapatkan kamar (kami memutuskan naik ke kamar VIP) karena Alhamdulillah supporter ku melahirkan sangat amat banyak, ada bapak ibu, kakak dan adik ibu (tante susi, kak arsel, pak dhe budhe gatot, bulik lily dan om) kakak adik sepupu bapak (budhe esti, budhe dwi, bulik adri, bulik watik, bulik eny dan semuanya bersama putra putranya), ada mama papa mas, ada mbak dan mas. Bayangkan betapa penuhnya itu ruang tunggu operasi rumah sakit, hehe, setelahnya bayangkan kalau aku ngga masuk VIP, penuh pasti.

Lanjut proses operasi SC, setelah dapat kamar, aku mulai disuruh puasa, tiduran cek darah, cek denyut jantung bayi dan ibu, cek kekuatan kontraksi dan pasang infus (ngga kebayang badanku disuntak suntik, selama ini sama jarum aja aku nangis pobia, tapi kali ini aku pasrah, takut pasti, tapi pengen liat adek segera, pengen semua sehat dan selamat, mengalahkan itu semua.

Jam 2 siang saya mulai masuk ruang transisi, ganti baju operasi, pembersihan oleh suster, lalu masuk ruang operasi. Pembicaraan dengan dokter, gimana bu? saya degdeg an dok, sama saya juga bu (padahal kayaknya ini doktere ngapusi dink, lha barenganku operasi aja ada 5 orang, pasti uda biasa banget kan pak dokternya, hehe).

Masuk ruang operasi saya disuntik anastesi di punggung, cek kaki, masih kerasa bu? ndak dok, kaki ku uda ndak berasa, yang ada rasa menggigil (aku kira karna ruang operasi dingin, tapi ternyata ini efek anastesi) sepanjang operasi dingin menggigil (dokter anastesinya baik, aku diselimuti ini itu, tadinya mau dibius lagi, tapi aku bilang, cukup dok, saya mau liat anak saya lahir).
Setelah melewatkan percakapan para dokter yang sambil operasi sambil ngobrol biar rileks, obrolan ringan mau buka puasa sama apa, trus pilih-pilih menu makanan, trus terdengar suara melengkiiiiiiiiiiiiiiing  ... oeeee .. Alhamdulillah bu, laki-laki sehat lengkap. Legaaaaa ..

Operasi berjalan baik, masuk ruangan transisi lagi, Alhamdulillah IMD berjalan lancar juga, anak hebat anak soleh .. Mama dan Papa selalu doa yang terbaik untuk anakku Rasyid Hamza Primardhani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar