Selasa, 26 September 2017

Melahirkan dan BPJS

Ini adalah pengalaman mengenai melahirkan untuk yang pertama kali, merasa perlu untuk membagikannya karna saya akan bercerita pula tentang melahirkan dan fasilitas yang diberikan oleh RS Hermina Pandanaran Semarang dan BPJS Kesehatan. Alhamdulillah ini adalah pengalaman yang baik menurut pandangan saya.
Sejak awal kehamilan saya rutin melakukan pemeriksaan kandungan saya ke dr.Hary Tjahjanto, Sp.Og. K.Fer. Selama 3 bulan awal kehamilan saya melakukan pemeriksaan kandungan dirumah beliau, karena kebetulan dekat dengan tempat saya tinggal.
Setelah memasuki bulan keempat, saya dan suami memutuskan untuk mencoba melakukan pemeriksaan kandungan ke Rumah Sakit Hermina Pandanaran Semarang dengan dokter tujuan tetap dr.Hary Tjahjanto, Sp.Og. K.Fer. Tujuan kami melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit yaitu agar data saya sudah terekam oleh RS yang bersangkutan, sehingga ketika saya melahirkan nanti, kami tidak usah mengurus pendaftaran pasien baru lagi.
Setelah melakukan kunjungan ke Rumah Sakit, ternyata RS menerima pasien BPJS, dari situlah kami mulai keppo terntang persyaratan, harga tambahan, dan lain sebagainya. Silahkan keppo kesana, semuanya ramah-ramah lho, Alhamdulillah.
Kemudian dibulan berikutnya saya dan suami mencoba menggunakan fasilitas BPJS tersebut, karena fasilitas yang kami punya ya hanya BPJS itu, hehe. Langkah pertama kami ke dokter keluarga, kami minta surat rujukan. Penjelasan dari dokter keluarga, kami mendapat informasi bahwa ibu hamil mendapatkan fasilitas dari BPJS untuk melakukan USG di Rumah Sakit selama 3 kali kepada dokter spesialis kandungan di Rumah Sakit Tipe C. Akan tetapi kami juga dipersyaratkan untuk melakukan pemeriksaan dan pencatatan kehamilan kami ke bidan yang bekerja sama dengan dokter keluarga. Lalu kami melakukan pemeriksaan kehamilan ke Bidan Yeni. Dari dokter keluarga kami juga mendapatkan rujukan untuk dapat memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan di Rumah Sakit Tipe C, yakni Rumah Sakit Hermina Pandanaran dengan dokter hary tjahyanto. Kami mendapatkan kesempatan USG tiga kali tiap trimester kehamilan.
Pemeriksaan melalui BPJS gratis, tanpa dipungut biaya apapun. Setelah masa akhir kehamilan, saya diharuskan untuk operasi. Kelas BPJS kami adalah kelas 1, dan karena kami naik ke kelas VIP, maka kami dikenakan biaya tambahan sebesar 5jt-an untuk ibu dan 2-jt an untuk bayi.
Semoga dapat sedikit memberikan gambaran. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar